WISATA DI BANDUNG










Bandung adalah sebuah kota metropolitan sekaligus ibu kota di Provinsi Jawa Barat dengan mayoritas penduduk beretnis Sunda, yang menawarkan beragam wisata, baik di pusat kota maupun area pegunungannya. Cuaca di Kota Kembang ini relatif lebih sejuk dan dingin dibandingkan kota-kota lain di Indonesia, karena dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembap. Semenjak dibukanya Jalan Tol Cipularang, Bandung menjadi destinasi yang semakin populer bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Tak heran karena kota ini memiliki beragam fasilitas dan atraksi yang akan membuat setiap pelancong betah berlama-lama, seperti Mal Paris Van Java yang juga berfungsi sebagai wisata edukasi, area Pasir Kaliki dengan banyaknya pilihan kuliner mulai dari lokal hingga internasional, atau kawasan Dago dengan deretan factory outlet-nya yang terkenal.






Selengkapnya tentang Bandung



Tempat wisata di Bandung
Gedung Sate

Mengunjungi berbagai tempat wisata di Bandung paling tepat dilakukan kala waktu liburan tiba. Pasalnya, Anda bisa menikmati indahnya ibu kota Provinsi Jawa Barat ini bersama dengan keluarga, pasangan, atau orang-orang terkasih sepanjang waktu. Tak heran, karena wilayah yang menyandang predikat sebagai kota metropolitan terbesar nomor tiga di Indonesia ini memiliki segudang destinasi wisata menarik. Mulanya, Bandung diberi nama Bendung yang diambil dari kata Bendungan. Nama ini dipilih karena geografis Kota Bandung yang diyakini berbentuk ceruk atau mangkuk berukuran besar yang terisi oleh air dari Sungai Citarum. Saah satu cerita legenda mengungkap bahwa Bandung merupakan kendaraan berupa dua buah perahu yang dijadikan satu dan digunakan oleh R.A. Wiranatakusumah II untuk berlayar mengelilingi Sungai Citarum.


Asia Afrika
Asia Afrika

Kota Kembang, begitu sebutan lain untuk wilayah yang berada di bagian barat Pulau Jawa ini sangat terkenal dengan kawasan Asia-Afrika sebagai salah satu saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia. Belum lagi dengan segala keindahan yang dimiliki yang membuat kota ini layak disebut sebagai Paris van Java. Pun, Anda bisa menemukan beragam kuliner lezat dan benda-benda unik buatan tangan di sini. Banyaknya objek wisata dan tempat menarik di Bandung membuat Anda pun tidak akan kesulitan dalam menemukan akomodasi untuk menginap. Tersedia berbagai pilihan dan harga serta fasilitas yang bisa disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.

Tempat Wisata di Bandung



Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu

Pastinya, menemukan tempat wisata yang menarik di Bandung bukan lagi menjadi hal yang sulit ditemukan. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Bandung yang harus ada dalam daftar Anda kala berkunjung ke Kota Lautan Api ini.

Daftar tempat wisata di Bandung:

  • Saung Angklung Udjo
  • Upside Down World Bandung
  • Amazing Art World
  • Kebun Teh Sukawana
  • Observatorium Bosscha

1.Saung Angklung Udjo

Tempat wisata di Bandung pertama yang bisa Anda tuju adalah Saung Angklung Udjo. Wisata budaya ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan sang buah hati. Di sini, Anda bisa menyaksikan pertujukan angklung dan berlatih memainkan alat musik tradisional ini sendiri. Meski pertunjukan angklung digelar setiap hari, kapasitas tiket yang ditawarkan cukup terbatas. Jadi, sebaiknya lakukan reservasi tiket jauh hari sebelumnya.

2.Upside Down World Bandung

Tempat menarik di Bandung lainnya adalah Upside Down World Bandung, yang berlokasi di kawasan Lebakgede, Coblong, Bandung. Di tempat ini, Anda akan diajak untuk merasakan sensai tak terlupakan bagaimana bertualang di ruangan yang ditata secara terbalik, meski Anda sedang berdiri dalam posisi normal. Tentu saja, berfoto menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan di sini.

3.Amazing Art World

Pasti Anda penasaran bagaimana rasanya menjelajah museum 3D terbesar di dunia. Ya, Amazing Art World di Bandung siap menyambut kedatangan Anda dan menemani waktu-waktu Anda bertualang di setiap penjuru dengan lukisan berkualitas terbaik dan sangat mirip dengan aslinya. Museum ini berlokasi di kawasan Setiabudi, Bandung. Dibangun di atas lahan seluas sekitar 2 hektare, Amazing Art World Bandung terbagi menjadi 6 (enam) galeri utama, 13 area, dan sekitar 150 tempat terbaik untuk diabadikan dalam lensa kamera. Tidak hanya pada dinding, lantainya pun dilukis dengan sangat artistik dan sesuai dengan tema yang ada pada masing-masing area.

4.Kebun Teh Sukawana

Kembali ke objek wisata alam, arahkan tujuan Anda ke Kebun Teh Sukawan yang ada di kawasan Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung. Tentu saja, suasana alamnya begitu kental, udara sejuk dan segar menjadi teman langkah Anda kala menapaki jajaran tanaman teh yang hijau dengan latar belakang berupa pegunungan dan perbukitan. Tidak hanya berjalan-jalan, Anda pun bisa mengajak keluarga untuk berkunjung ke pabrik pengolahan teh dan melihat bagaimana daun teh diolah hingga layak untuk dikonsumsi, bersepeda, bahkan mendirikan tenda untuk berkemah. Jangan lupa untuk mengabadikan semua momen berharga dalam memori kamera atau ponsel Anda, ya!

5.Observatorium Bosscha

Jika masih memiliki waktu senggang di akhir liburan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat peneropongan bintang paling terkenal di Bandung, Observatorium Bosscha. Sayangnya, Anda tidak bisa masuk tanpa melakukan pemesanan setidaknya satu bulan sebelum waktu kedatangan. Tentu saja, waktu kunjungan pun juga tidak bisa setiap hari dan jam, seperti tempat wisata di Bandung lainnya. Observatorium Bosscha sendiri didirikan oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging, dan menjadi salah satu destinasi peneropongan bintang yang tertua di Tanah Air. Tidak hanya berjalan-jalan dan melihat-lihat, jika memang cuaca dan langit sedang cerah, Anda bahkan diizinkan untuk menjajal mengintip indahnya gugusan bintang lewat salah satu teropong yang ada di sana.

Kuliner di Bandung



Batagor
Batagor

Rasanya, tidak lengkap jika liburan ke Bandung tanpa mencicipi kuliner yang dimilikinya. Jangan salah, bukan hanya tempat wisata di Bandung yang layak dikunjungi, kulinernya pun layak dicoba. Ingin tahu rekomendasi kuliner enak di Kota Kembang ini? Berikut daftarnya untuk Anda:

Batagor Kingsley

Kuliner satu ini memang bisa dengan mudah ditemukan di mana pun Anda berada. Namun, pastikan Anda tidak melewatkan Batagor Kingslay saat di Bandung. Meski sekilas terlihat sama, camilan berbumbu kuah ini memiliki cita rasa yang begitu khas dan mengguggah selera. Baik batagor goreng maupun kuah, semua sama nikmatnya. Kuliner ini bisa Anda temukan di kawasan Jalan Veteran No. 25, Bandung.

Nasi Kalong R.E. Martadinata

Sebenarnya, nama kuliner ini bukan nasi kalong. Dinamakan demikian karena warung makan prasmanan yang berlokasi di kawasan R.E. Martadinata ini baru beroperasi pujul 19.00 hingga tengah malam. Tak heran jika pengunjung akhirnya menamakannya nasi kalong. Wisata kuliner nasi kalong berupa nasi putih atau merah lengkap dengan aneka sayur dan lauk yang tersedia secara prasmanan.

Cuanki Serayu

Cuaca malam Bandung yang dingin memang paling pas dinikmati bersama semangkuk cuanki panas. Mungkin, Anda lebih mengenal makanan ini dengan bakso malang. Ya, cuanki memang mirip dengan bakso malang, karena dilengkapi dengan tahu dan mi, bisa ditambahkan pangsit atau tanpa pangsit. Nah, objek wisata kuliner cuanki paling enak yang bisa Anda coba adalah di Jalan Serayu No. 2, Bandung.

Tempat Menginap di Bandung



The Lodge Maribaya


Komentar

Posting Komentar